Monday, February 14, 2011

Rindu (ironi) Euforia Valentine`s Day

Banyak jenis dan cara yang dilakukan orang dalam mengungkapkan rasa cintanya kepada orang yang dikasihinya. Begitupun dengan bulan februari ini dimana ada satu tanggal yang menjadi sangat spesial bagi kebanyakan orang yang meyakini nya. Tanggal 14 Februari disebut-sebut sebagai Valentine`s Day.
Sumpah keren banget ini foto !!!
Tampilan google yang bertemakan valentine`s day
Ketika menjelang hari spesial tersebut, tentu banyak orang yang mengejar target untuk bisa jadian (beneran lho, temen gue ada yang niat harus bisa jadian sebelum tanggal 14 februari). Begitupun dengan kejadian malem menjelang valentine`s day.
Saat gue dirumah ketika sedang asik-asiknya membaca skripsweet pacar gue, untuk minta diberi masukan/revisi skripsinya. Eh, temen sepupu gue tahu-tahu nyamperin gue yang lagi laptopan. akhir-akhir ini dirumah selalu ramai temen-temen sepupu gue seperti basecamp nongkrong gang potlot, tapi rumah gue di jalan teluk lada jadinya ya gang lada deh. Terus yang nanya ini cowok lho, rambut model botak 5cm lah, rada gemuk fisiknya, berbehel terus karet nya warna putih, kulitnya agak kecoklatan legam,kemudian udah bisa ngebayangin kaya gimana ketampanannya??

Nah, kira-kira seperti ini percakapannya antara gue dan si botak berkulita rada coklat legam,hhehehe

“mas nyun sewu, bisa minta tolong carikan kata-kata cinta di google gak?”, kata dia.
“buat apaan emang?”, tanya gue. (sambil sinis karena merasa terganggu)
“buat ngasih cokelat,terus aku mau nulis kalimat cinta di lembaran kertas bungkus cokelat delfi tersebut”,jawab dia. (dalem hati gue masih aje dah ngerayain kaya ginian)
“mau nembak cewek?”,tanya gue. (penasaran)
“iya,mas”,jawab dia.
“hmm..gitu ya? Yauda, mau kata-kata cinta kahlil gibran aja? Gimana?”,kata gue.
“boleh deh mas, yang bagus?”,tanya dia.
“kata-kata cinta bahasa jawa mau ga”,tanya gue.
“yo, ojok toh mas!, kata-kata cinta valentine gitu mas.”, imbuh dia.
“lho, bentar deh, kenapa bingung cari-cari kalimat cinta? Emang udah berapa kali pacaran?”,tanya gue.
“hmmm…satu,dua…hmm 4 kali pacaran mas “,jawab dia.
“laah, kenapa bingung untuk soal itu? Kan udah pengalaman empat kali pacaran masa ga bisa?”,tanya gue. (dengan heran)
“iya mas, soalnya aku belum pernah nembak cewek pas valentine`s day”,jawab dia. (sambil memelas disusupi ekspresi nyengir)
“apa bedanya sama yang sebelum-sebelumnya?”,tanya gue. (kali ini gue dengan nyolotnya)
“iya mas, kalo yang sebelumnya mah biasa aja, kalo ini pas valentine`s day beda, harus lebih spesial ungkapan cinta nya untuk nembak cewek”,jawab dia. (sambil tersenyum memperlihatkan behel berkaret warna putih).
gue, “ohhh….(sambil mengerutkan alis keatas), kemudian lanjut dengan tertawa, hahahahha”.
#15 menit berlalu sambil nungguin dia memilih-milih kata-kata cinta yang terbaik dan teristimewa menurut dia.
eeeenggg....innngggg....eeeeenngggg ?$%^$^$&$#

“gimana? Udah dapet yang pas?”,tanya gue.

“udah dapet mas, aku pilih yang ini aja.”,jawab dia.
"ohh yang itu, harganya gocap aja!",seru gue.
....cengo dan bengong...dia nya. <---kaya kiwil.
“loe Islam?”,lanjut gue.
“iya mas”, jawab dia.
“lho, emang ga tau kalo fatwa MUI valentine`s day itu HARAM?”,tanya gue.
“tahu mas, tapi bodo amat lah saya. Yang penting valentine-an saya nembak cewek!”,ketus dia.
#dalam hati gue, etdahbuseeettt bocah… ditolak,  langsung herpes loe! apa anemia deh agak mendingan?!. checkmate!
Nah, valentine`s day. Menjadi budaya yang semakin ramai dibudayakan para kawula muda masyarakat sebagian lainnya. Dan bahkan ramai nya perayaan ini juga tidak ramai secara di dunia nyata, namun di dunia maya yaitu jejaring sosial pun juga sangat ramai menjadi postingan status aku facebook maupun di twitter. Percakapan-percakapan yang dilakukan di social networking berasal dari pro valentine`s day dengan yang kontra valentine`s day.  Ada yang saling menghujat dan menjelek-jelekkan valentine`s day dan ada juga yang membagikan kalimat-kalimat cinta/kasih sayang. Fakta,udah gue amati koq!

Otomatis serta yakin-seyakinnya gue, update-an status (gelowers dan non gelowers) dengan ucapan selamat happy valentine`s day atau kritikan tentang valentine`s day pun akan banyak muncul di tampilan facebook dan twitter gue layaknya pengucapan selamat tahun baru atau ucapan selamat merayakan hari besar agama, bahkan pengucapan hari besar agama seperti menjelang MAULID NABI pun sepi dari facebook maupun twitter. Sebenarnya sih gue ga masalahin banget, dan gue juga ga posting-posting update-an status soal valentine`s day juga tuh. Padahal secara ga langsung (bagi yang posting tentang valentine) juga telah memperingati dan ikut merayakannya karena itu telah membuatnya ramai dibicarakan. Wew..pengaruhnya besar sekali ya, budaya barat “valentine`s day” ini. Nah kalo nge-retweet doang di twitter atau nge-Blog kaya gue gini gimana? Merayakannya juga ga menurut kalian?hhehehe

New media (jejaring sosial) dan media sebagaimana adanya yaitu seperti di televisi,majalah remaja,dan lain-lain malahan juga mendukung soal valentine`s day ini. Dengan menyuguhkan berita-berita menjelang hari valentine`s day dan hampir semua stasiun televisi pun juga menampilkan liputan tentang valentine`s day ,kalo yang macem kaya insert, obsesi,gossip-gossip gitu menampilkan kehidupan artis yang ber-valentine`s day, sehari penuh (rada bosan juga sih tontonan tanggal 14 ini), terus kalo di majalah menampilkan trend fashion valentine`s day 2011 ini tuh kaya gimana, dan macem-macem cokelat yang pas untuk merayakan valentine`s day. Hmm.. dengan berat hati gue mengatakan ini akan terus dipopulerkan di Indonesia, dengan intuisi bisnis oleh kaum kapitalis yang mengarahkan masyarakat kita menjadi manusia yang konsumtif jadinya mengajak untuk membeli barang-barang yang identik dengan valentine`s day seperti cokelat,mawar,postcard, dan pergi ke mall atau nongkrong di cafĂ© yang mengadakan acara valentine`s day dengan suguhan musik yang melooowww abiiiss gitu .  Meskipun kita (lo aja kali,gue mah engga) sendiri sudah mengetahui apa itu valentine`s day, baik melakukan atau merayakannya serta dihiasi gelap nya valentine`s day dengan fatwa haram oleh MUI. Namun valentine`s day yang ada satu kali dalam setahun tetap menjadi moment yang spesial yang tak pernah tertinggal dan kita lupakan dalam memori kita karena memang sebenarnya dirasa momentum 14 februari ini masih terus saja dirindukan suasananya. Iya ga? Iya kan..apa aja boleeehh

Dan pada akhirnya gue pun kembali mengerjakan revisi-an skripsweet pacar gue (namanya Melisa), kemudian sebelum tidur gue telvon-telvonan dulu sama dia, dan ga ada sama sekali ucapan happy valentine`s day dari gue buat dia. Hehehehe.

Oleh : Gita Rizky Prodipta

1 comment:

Burhan said...

Wah gua sih dari dulu gak pernah ngerayain gituan, kalaupun gua mau ngasih coklat atau semacamnya, gak perlu nunggu valentine segala !!!!

dunia ini terus berjalan, selama itu pula hari kasih sayang harus diberlakukan (Menurutku lho) ....

Denger sejarahnya juga gua males ....