Wednesday, March 14, 2012

Populer

Jeans, begitu kuat dalam mengekspresikan identitas. Merk yang bermain. Seperti jubah raja, dimana disitu ada makna kelas sosial. Ini merupakan nilai penting bagi anak muda. Sebagian anak muda lebih tepatnya. Dilihat-lihat kelompok sebagian ini makin luas, hampir beberapa kelas sosial pun menuju merk yang populer demi menyandang identitas. 
Petersaysdenim misalnya, tentu saja pabrikan jeans asal Indonesia ini cukup tenar di khalayak umum. Kekayaan semiotik dari nama,lambang dan produk nya mampu menarik banyak peminat awam. Serentak dan begitu fashionable.
Dimulai bermain di rumput Amerika. Sesuatu apapun bila sudah tenar di Amerika, akan tenar diseluruh dunia. Begitulah kecanggihannya. Menaruh perhatian penting dalam mengkonstruksi makna diri,identitas sosial dan hubungan sosial. 


Jeans dikaruniai ideologi. Produsen juga tidak bermaksud mempromosikan ideologi tersebut. Tapi ini merupakan cara ampuh untuk bertindak dan mendemonstrasikan produk nya. Menguntungkan. Masyarakat begitu loyal jika sudah begini, mengenal merk yang sudah terkenal.
Tak peduli finansial, yang penting puas.

No comments: